Belajar Pembangkit Listrik Secara Online - Tipe Boiler

Belajar pembangkit listrik secara online | setelah sebelumya belajar mengenai komponen pembangkit listrik dan juga diagram alirnya, sekarang saya ingin membahas lebih dalam mengenai suatu komponen yang sangat penting dalam sistem pembangkit listrik yakni boiler atau dalam bahasa indonesia disebut ketel uap.  Boiler memiliki banyak bagian, secara garis besarnya yakni:
  1. Economizer, yakni berupa rangkain pipa yang cukup tebal dan banyak, didalamnya dialiri air yang berasal dari kondenser. Pada economizer terjadi pemanasan awal air dengan memanfaakan panas dari gas sisa pembakaran.
  2. Steam drum, yakni berupa drum yang cukup besar yang berfungsi memisahkan air dan uap hasil dari pemanasan didalam pipa-pipa economizer, Yang masih berfase air akan alirkan ke waterwall sedangkan yang sudah berfase uap akan dialirkan ke superheater.
  3. Waterwall, yakni berupa susunan pipa yang sangat rapat dan banyak serta mengelilingi ruang bakar boiler. Memalui waterwall inilah, transfer panas antara batubara yang terbakar dengan air terjadi. Air akan berubah menjadi uap yang kemudian menuju steam drum.
  4. Superheater, Uap dari steamdrum akan diarahkan ke superheater, disini uap tersebut dipanaskan kembali sehingga menghasilkan uap kering/ superheated steam.
  5. Isolasi, seluruh dinding boiler dilapisi isolasi termal, ini berfungsi untuk mengurangi kerugian termal juga sebagai keamanan/ perlindungn bagi operator yang terus memantau boiler secara online.
Mari kita lanjutkan belajar pembangkit listrik secara online ini dengan bahasan tipe-tipe boiler yang biasa dipakai diindonesia.
  1. Boiler jenis Stocker, tipe ini pembakaran batubaranya ditempatkan diatas rantai / chain seperti rantai tank yang berjalan, oleh karena itu dinamakan juga chain grate boiler.
  2. Boiler jenis pulverize, sering disebut PC (Pulverized Coal) Boiler. Pada boiler jenis ini Batu bara dihaluskankan terlebih dahulu hingga sekecil partikel debu, kemudian disemprotkan ke ruang bakar dan terbakar dibagian tengah ruang bakar.
  3. Boiler jenis Circulating Fludize Bed (CFB), boiler tipe ini menggunakan batubara dengan ukuran lyang leih kecil dari batubara yang dipakai pada tipe stocker namun lebih besar dari boiler tipe PC. Boiler tipe ini dilengkapi dengan cyclon yang berfungsi untuk memisahkan (separator) gas untuk dibuang melalui cerobong asap dan partikel batubara yang tidak terbakar untuk dikembalikan ke ruang bakar.
Jika kita membandingkan tipe boiler mana yang memiliki effisiensi pembakaran yang paling tinggi, maka kita dapati boiler tipe PC adalah paling tinggi effisiensinya, sedangkan boiler tipe stocker memiliki effisiensi paling rendah, sedang boiler tipe CFB berasa diantara keduanya.

Demikianlah materi yang saya buat mengenai belajar pembangkit listrik secara online. jika dirasa ada informasi yang saya sampaikan terdapat kesalahan, mohon beritahu saya melalui kolom komen dibawah. terimakasih


Postingan Populer