Belajar Pembangkit Listrik Secara Online - Bagian Pertama

Belajar pembangkit listrik secara online | Proses belajar tidak harus didalam ruang kelas, bisa juga kita lakukan secara online.(dari mana saja dan kapan saja). Ilmu menegenai proses suatu pembangkit listrik dewasa ini menjadi sesuatu yang cukup menarik dikarenakan adanya proyek pembangunan pembangkit listrik 10.000 MW tahap I dan tahap II oleh pemerintah guna menjawab kekurangan energi listrik di indonesia. Dalam artikel ini saya akan membahas mengenai bagian-bagian utama dari suatu pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar batu bara atau biasa disebut pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), yakni :

1.  Coal yard sesuai dengan namanya, bagian ini berfungsi sebagai tempat penampungan batu bara, pada bagian ini baru bara di hancurkan menjadi bongkahan batu bara yang lebih kecil, kemudian di kirim/ diangkut melalui coal conveyor ke boiler.
2.  Boiler, yakni tempat berlangsungnya pembakaran batu bara yang kemudian menghasilkan energi panas, nah energi panas ini yang diserap oleh air sehingga air tersebut berubah menjadi uap yang kemudian digunakan memutar turbin.
3.  Turbin, yakni suatu komponen penting yang mengambil energi dari uap panas menjadi energi gerak/ putar melalu mekanisme baling-baling.
4.  Generator, yakni komponen yang berfungsi untuk mengambil/ merubah energi gerak baling-baling turbin menjadi energi listrik. Energi listrik inilah yang kita gunakan untuk menerangi segala aktivitas kita.

Apakah sudah dimengerti? Walaupun belajar pembangkit listrik secara online ini gratis, namun perlu keseriusan dalam mempelajarinya. Oke, kita lanjut lagi. Selain bagian-bagian yang telah saya jelaskan sebelumnya, masih ada bebetapa bagian penting yang mendukung agar suau pembangkit dapat beroperasi dan aman bagi lingkungan, yakni :
1.  Water treatment, sesuai dengan namanya, bagian ini berperan memastikan bahwa air yang akan dijadikan uap di boiler telah bersih dan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh pabrikan.
2.  ESP, bagian ini berfungsi menyaring/ menangkap debu-debu yang merupakan hasil pembakaran dari batu bara didalam boiler. Bagian ini penting kerena jika debu hasil pembakaran tersebut dibuang ke udara, maka banyak penyakit yang akan timbul yang akhirnya pembangkit listrik tersebut bisa ditutup

Artikel belajar pembangkit listrik secara online ini saya cukupkan, silahkan dilanjutkan untuk membaca artikel saya selanjutnya, semoga bermanfaat. 


Postingan Populer