Belajar Pembangkit Listrik Secara Online - Diagram Alir

Belajar pembangkit listrik secara online | Pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan mengenai diagram alir yang terjadi dalam suatu pembangkit listrik tenaga uap. Diagram alir pertama yang akan saya jelaskan pada kesempatan belajar pembangkit listrik ini adalah diagram alir air-uap. Diagram alir air- uap dimulai dari sumbernya, ada yang dari air laut dan ada pula yang dari air sungai. Dari sumber air tersebut, kemudian disaring dan dimurnikan hingga menjadi bersih dan layak untuk dipompakan kedalam boiler. Semua proses pemurnian air tersebut terjadi didalam water treatment house dan selalu dalam pengawasan operator melalui sistem komputerisasi secara online. Setelah air mengisi boiler, kemudian air berubah fase menjadi uap dan menuju turbin, kemudian uap tersebut menuju kondenser untuk didinginkan menjadi dan dirubah menjadi fase air, lalu air tersebut dipompakan ke boiler kembali. Pada dasarnya siklus air-uap adalah siklus tertutup, artinya jika tidak terjadi kebocoran maka tidak diperlukan adanya penambahan air ke dalam boiler.

Ok, kita lanjut ke diagram alir yang kedua dalam belajar pembangkit listrik secara online yakni diagram alir coal-ash. Daigram alir ini dimulai dari coal yard/ tempat penampungan batu bara, kemudian ditransfer ke coal crusher melalui coal conveyor, didalam coal crusher batu bara dihancurkan menjadi bongkahan batubara yang lebih kecil, lalu di transfer ke coal silo. Coal silo merupakan tempat penampungan sementara batubara sebelum dikirim ke boiler. Didalam boiler, batubara dibakar, sisa pembakaran berupa debu yang terbawa oleh udara keluar boiler dan bottom ash yang berada dibawah ruang bakar boiler. bottom ash dari boiler kemudian dibawa ke bottom ash silo. Debu hasil pembakaran dikenal juga fly ash, fly ash ini masih bercampur dengan udara, oleh karena itu belum layak untuk dibuang ke atmosfer. Didalam ESP, fly ash dan udara dipisahkan. Fly ash yang tertangkap oleh ESP kemudian ditampung di ash silo, sedangkan udara yang bersih tersebut dilepas ke atmosfer melalu cerobong asap atau chimney. Chimney diperlukan dalam sistem pembangkit listrik karena udara dari ruang bakar boiler bersuhu sangat tinggi sehingga berbahaya pada mahluk hidup jika mengenainya. Tinggi chimney bervariasi tergantung kapasitas boiler, semakin besar kapasitasnya maka semakin tinggi chimney yang dibutuhkan.

Sebenarnya masih ada satu diagram alir yang ada didalam sistem PLTU, yakni diagram alir udara/ flue gas, namun saya cukupkan sampai disini saja artikel belajar pembangkit listrik secara online ini, sisa materi tersebut bisa pembaca cari diartikel lain. Semoga bermanfaat.

Postingan Populer